Uber menyelamatkan bisnisnya di London. Eropa mungkin lebih sulit taklukan

      Comments Off on Uber menyelamatkan bisnisnya di London. Eropa mungkin lebih sulit taklukan

Uber telah menemukan cara untuk tetap beroperasi di London. Tapi itu tidak berarti dapat menaklukkan Eropa.

Dengan lisensi London yang berisiko, Uber meyakinkan hakim bulan lalu bahwa mereka telah memulai perbaikan perusahaan yang akan mengubah cara beroperasi agen bola di pasar yang menguntungkan.

Dikritik di masa lalu karena pendekatannya yang gegabah terhadap bisnis, Uber kini memperkenalkan asuransi gratis untuk pengemudi di London dan membatasi jam operasinya. Ini membuka saluran bantuan pelanggan 24/7 dan berjanji untuk mulai melaporkan insiden serius ke polisi.

Perubahan, yang didukung oleh kampanye hubungan masyarakat utama dan permintaan maaf dari CEO Dara Khosrowshahi, memperoleh perpanjangan lisensi selama 15 bulan Uber.

Tetapi ada keterbatasan utama pada pendekatan yang digunakan Uber di London.

Reformasi akan menaikkan biaya Uber pada saat ketika lingkungan peraturan dan hukum di Eropa hanya menjadi lebih sulit bagi perusahaan.

“Mereka harus memperlambat … dan beradaptasi dengan model bisnis yang jauh lebih sesuai dengan menjadi perusahaan transportasi dan taksi tradisional,” kata Fredrik Erixon, direktur Pusat Eropa untuk Ekonomi Politik Internasional di Brussels.

Erixon mengatakan bahwa bentrokan dengan regulator kemungkinan akan berlanjut setelah pengadilan tinggi Uni Eropa memutuskan tahun lalu bahwa Uber harus diatur sebagai penyedia transportasi.

Uber berusaha menghindari aturan yang lebih ketat dengan menyatakan bahwa itu adalah platform teknologi yang menghubungkan penumpang dan pengemudi.

“Bahkan negara-negara yang telah mengambil pendekatan simpatik terhadap Uber sekarang akan dipaksa untuk memasukkan mereka ke dalam rutinitas lisensi nasional untuk layanan taksi,” kata Erixon.

Pergeseran kekuasaan
André Spicer, seorang profesor perilaku organisasi di Cass Business School di London, mengatakan bahwa kemampuan London untuk mengambil konsesi dari Uber akan memberanikan regulator di tempat lain di Eropa.

“[Ini] menandakan perubahan keseimbangan kekuatan antara Uber dan regulator [siapa] akan mengakui mereka dapat memperoleh lebih banyak kekuatan dan berpotensi menang melawan Uber, sedangkan mereka sering berpikir bahwa itu tidak terjadi,” kata Spicer.

Uber telah bentrok dengan pejabat lokal di negara-negara termasuk Denmark, Prancis, Spanyol, dan Jerman.

Pihak berwenang telah mengambil perusahaan untuk tugas karena tidak memiliki lisensi untuk mengoperasikan layanan taksi, dan mereka telah mempertanyakan cara memperlakukan pengemudi. Ini meninggalkan Barcelona dan Madrid pada tahun 2014 setelah protes oleh pengemudi lokal dan perusahaan transportasi.

Layanan berkurang
Barcelona menyajikan kisah peringatan: Uber kembali ke hotspot turis awal tahun ini, tetapi sebagai layanan slim-down yang menghubungkan pengendara dengan pengemudi berlisensi profesional. Pengemudi kasual tidak dapat menggunakan aplikasi.

Biaya tambahan untuk mematuhi peraturan bisa menimbulkan masalah bagi Uber, yang telah menjual dirinya kepada investor pada kemampuannya untuk dengan cepat pindah ke pasar baru dan mendorong perusahaan yang sudah mapan keluar dari bisnis.

“Modal ventura telah mensubsidi setiap perjalanan Uber di seluruh dunia dengan janji pertumbuhan dan ketika pendanaan itu mulai mengering, harga pasti akan naik,” kata Spicer.

“Harapannya adalah bahwa pada saat itu mereka akan mendorong semua orang keluar dari bisnis … sekarang sepertinya itu tidak akan terjadi,” tambahnya.

Uber dapat meniru strategi Londonnya di tempat lain di Eropa, tetapi mungkin tidak sepadan.

“London adalah salah satu pasar paling penting, jadi Uber telah menarik semua pemberhentian untuk mendapatkan kembali lisensinya,” kata Alex Janes, dosen senior di bidang strategi di Universitas Exeter. “Di beberapa pasar lain, perusahaan mungkin memutuskan untuk berhenti atau mundur dalam menghadapi peraturan ketat karena tidak mengantisipasi pengembalian yang cukup.”

Seorang juru bicara untuk Uber mengatakan banyak perubahan yang dilakukan di London telah diluncurkan di seluruh Eropa.

“Kami mengambil pendekatan yang lebih konstruktif untuk bermitra dengan kota-kota di seluruh Eropa,” kata juru bicara itu.

Jangkauan global perusahaan telah dikurangi.

Setelah bertahun-tahun melibas jalannya ke pasar yang jauh dari rumahnya di Silicon Valley, Uber menjual operasinya di Cina dan Asia Tenggara. Tetapi masih berjuang untuk pasar utama lainnya, India.

Penghematan telah membuat pasar Eropa, termasuk London, bahkan lebih penting.

“Apa yang perlu dilihat oleh London dan kota lain adalah konsistensi dari Uber sebagai warga perusahaan yang baik di komunitas mereka,” kata Michael Gordon, kepala eksekutif Grup Gordon, perusahaan komunikasi korporat dan krisis.